RESEP KUE LAPIS KUKUS

Resep Kue Lapis Kukus
Resep Kue Lapis Kukus ~ Ini sudah tidak asing lagi, kue ini pasti selalu kita jumpai di pasar, toko-toko, maupun di mall, kue ini bentuknya berlapis warna yang secara visual enak apalagi kalau di makan, sehingga membuat kue ini sangat banyak di gemari oleh golongan mana saja. Bahan utama dalam membuat kue lapis adalah tepung terigu yang sudah kita ketahui bersama bahwa tepung terigu adalah sumber karbohidrat dan juga di dalamnya terkandung serat, protein, vitamin dan mineral. Tentu sudah sangat bagus untuk dikonsumsi oleh tubuhkita. Kue yang satu ini termasuk dalam golongan kue basah yang sangat enak, selain memiliki rasa yang manis, kue basah ini juga memiliki tekstur yang sangat kenyal. Kue Lapis memiliki warna yang menarik sehingga dapat membuat anak menjadi suka. Tidak hanya untuk anak-anak, karena kue ini sangat cocok dikonsumsi oleh siapapun bagi yang menyukainya. Dalam pembuatan kue ini terdapat berbagai perbedaan dalam langkah langkah pembuatannya,  dan adapun cara pembuatan saya adalah sebagai berikut.

Bahan-bahan Resep Kue Lapis Kukus:

  • Tepung terigu, 1 kobokan
  • Tepung kanji, 1/2 kobokan
  • Santan, 2,5 kobokan
  • Gula pasir, 1/2 kobokan
  • Pandan pasta, sesuaikan dengan keinginan
  • Minyak goreng secukupnya untuk olesan cetakan
  • Loyang atau Cetakan kue lapis

Cara Membuat Kue Lapis Kukus :

  1. Campurkan tepung terigu, tepung kanji, dan gula pasir, aduk hingga rata kemudian tuangkan santan sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga licin dan kalis.
  2. Bagi adonan menjadi dua, adonan 1 tetap warna putih, adonan 2 untuk warna hijau.
  3. Siapkan dandang yang telah diisi air , tunggu mendidih.
  4. Panaskan loyang yang sudah diolesi minyak dalam dandang panas.
  5. Untuk lapisan pertama terserah mau warna apa saja.
  6. Pakai sendok sayur untuk menuangkan adonan, 2 sendok sayur untuk lapisan.
  7. Diamkan selama 3 atau 4 menit tuang lagi untuk lapisan berikutnya dengan takaran yang sama begitu seterusnya, lakukan secara secara selang-seling antara adonan 1 dan adonan 2.
  8. Setelah adonan habis, kukus selama 30 menit.
  9. Dinginkan dan lepaskan dari loyang, potong-potong dengan pisau yang dibungkus plastik.
  10. Siap disajikan.
Dalam proses pembuatan Resep Kue Lapis Kukus di butuhkan ketelitian dan kesabaran, karena dalam proses pembuatannya yang berbelit dimana pengukusan yang dilakukan berkali-kali membuat kita harus melakukannya dengan ekstra hati-hati, tapi dengan proses tersebut jika berkasil akan mendapatkan hasil yang luar biasa. Demikian resep kue lapis kali ini silahkan ada mencobanya dan mulailah berkreasi. Baca juga Resep Lumpia, Resep Martabak Manis dan Resep Pisang Goreng Crispy

Post a Comment

0 Comments