RESEP AYAM KENTUCKY

AYAM KENTUCKY
Resep Ayam Kentucky ~ Semua pasti sudah tidak asing lagi dengan Ayam Kentucky atau yang lebih dikenal dengan ayam goreng KFC. Sejarahnya dibuat oleh Harland Sanders dari Amerika. Untuk lebih mengenal KFC, kita baca dulu profil KFC, Kentucky Fried Chicken atau disingkat dengan KFC merupakan salah satu brand perusahaan waralaba dari Yum! Brands, Inc., dan berpusat di Louisville, Kentucky, Amerika Serikat. Jadi, istilah Kentucky itu diambil dari salah satu negara bagian di Amerika. Pendirinya adalah Col. Harland Sanders, yang paling populer dari KFC ialah ayam gorengnya. Harland awalnya menjual di SPBU kepunyaannya sendiri di Corbin, sebuah kota yang masih bagian dari Kentucky di thn 1939. Kemudian ia hijrah ke motel. Namun, pada tahun 40-an ia menutup bisnisnya karena kotanya dibangun dan dilewati jalur jalan tol. Lalu di tahun 50-an, dia berkenalan dengan Pete Harman di Kota Salt Lake, yang kemudian mereka bersepakat membangun restauran KFC (pada mulanya restoran ini tidak bernama KFC). Harland menjual semua waralaba Kentucky Fried Chicken di thn 1964 sebesar $ 2 juta dollar, dan pada umur 90 tahun, Harland terserang penyakit leukemia dan meninggal setelah melakukan perjalanan 250 ribu mil dalam setahun kunjungannya ke restoran KFC di seluruh dunia.

Di Indonesia kita dapat menemukan ayam goreng Kentucky Fried Chicken hampir di semua mall-mall di Indonesia. Bahkan sekarang sudah banyak penjual ayam goreng serupa di pinggiran jalan.  Ayam Kentucky ini memiliki banyak penggemar mulai dari kalangan anak- anak sampai dengan kalangan orang dewasa, karena merupakan makanan siap saji, Jika anda terbiasa membeli Kentucky Fried Chicken di Mall atau di McD , maka saatnya anda mencoba mengolahnya sendirii sesuai dengan kemampuan anda, mungkin saja olahan anda lebih lezat dan nikmat. Masih bingung apa saja bahan dan cara membuat Kentucky Fried Chicken maka ikutilah tips dan cara dibawah ini : adapun cara membuatnya adalah sebagai berikut.

Bahan : 
  • Ayam 1 kg (potong menjadi 12 bagian) 
  • Bawang putih 3 siung, haluskan
  • Merica 1/2 sdt
  • Garam 1 sdm
  • Air asam 4 sdm
  • Telur 4 butir
  • Tepung bumbu (sajiku)
  • Minyak goreng 500ml
Cara Pembuatan : 
  1. Bersihkan ayam terlebih dahulu. 
  2. Rebus ayam sampai setengah matang, masukkan air asam dan bawang putih.
  3. Tambahkan merica dan garam sambil aduk.
  4. Angkat, lalu tiriskan ayam.
  5. Pisahkan telur dan tepung bumbu pada tempat yang berbeda.
  6. Celupkan ayam pada telur, lalu gulingkan ke tepung bumbu sampai merata, lakukan sebanyak 2 kali.
  7. Panaskan minyak goreng, kemudian goreng ayam satu persatu.
  8. Apabila ayam sudah kelihatan kecoklatan, angkat dan tiriskan agar kandungan minyak berkurang.
  9. Siap disajikan.
Sebaiknya disajikan dengan saos sambal dan saos tomat dan nasi panas. Demikianlah pembahasan tentang cara membuat ayam kentucky semoga dapat membantu anda dalam menyajikan hidangan yang enak dan baca juga Resep Kari Ayam, Resep Ayam Rica-Rica dan Resep Ayam Lainnya..

Post a Comment

0 Comments